Minggu, 18 November 2012

Proses Mengawinkan Burung Kenari

Proses menjodohkan burung kenari adalah proses yg menentukan berhasil tidaknya tahap2 dalam beternak kenari. Karena dalam tahap ini bsa dilihat siap tidaknya pasangan kenari yg ingin kita kawinkan, serta menjadi proses saling mengenal antar pasangan kenari.

saya akan memaparkan beberapa tahapannya :


  • Pertama yaitu memilih calon indukan yg ingin dikawinkan, pilih indukan yg sudah cukup umur ( betina : skitar 6blnan, jantan: skitar 8blanan ). Yang jga perlu dicermati adalah memilih indukan yg benar2 siap untuk dikawinkan agar hasil dari breeding nantinya bgus. Indukan betina yg siap kawin biasanya ditandai dngan kenari betina akan mengangkut bhan sarang dan menatanya dalam sarang ( jw: mbunderi ) , sedangkan pda kenari jantan akan berkicau lantang jika didekatkan dngan lawan jenis bahkan ada yg sampai nabrak2 jeruji sangkar.
  • Jika telah ditentukan psangan kenari yg telah siap, segera tempelkan sangkar kenari jantan dngan kenari betinanya, jngan lupa beri bahan sarang serta kotak sarang dalam sangkar kenari betina. Dalam tahap ini bergantung pda sifat masing2 indukan, ada yg langsung mau mbunderi sejak dijodohkan, ada yg harus disatukan dulu bru mau nyusun sarang bersama sang jantan, jdi kita jga harus tau sifat indukan2 kenari ini.
  • Saat sudah terlihat saat sang jantan berkicau dngan lantang smbil menghadap pda betinanya, dan sang betina menanggapi dngan ngleper , dan biasanya jantan akan menyuapi betina lewat sela2 jeruji sangkar, itu tandanya pasangan kenari telah siap disatukan.
  • Satukan pasangan kenari dalam sangkar betina pda sore hari, ini bertujuan agar saat malam harinya pasangan kenari ini sudah tidur berdampingan sbelum sempat bertengkar saat siang hari. Tetap awasi perkembangan pasangan kenari ini, jika tarung sampai salah satu ada yg terluka segera pisahkan, jika lancar bebrapa hari stelah kenari disatukan dan telah beberapa kali kawin, maka kenari betina akan mengeluarkan telurnya satu demi satu sampai telur terakhir. Biasanya telur akan menetas saat usia telur sudah 14hari.
 sekian ulasan sya sebagai pemula ini, bila ada pertanyaan silakan komen di bawah ^-^

1 komentar: